technology terkuat milik nusantara


JAKARTA – Teknologi bisa menjadi salah satu cara mengangkat martabat suatu bangsa, tak terkecuali bangsa Indonesia. 70 tahun sudah Indonesia merdeka, tanpa disadari begitu banyak hasil karya yang dihasilkan dari tangan-tangan kreatif anak negeri, dan berhasil mengharumkan bangsa ini di kancah Internasional.
Teknologi yang dihasilkan oleh putra-putri terbaik bangsa tersebut banyak dipergunakan diberbagai sektor, contohnya pertahanan. Bahkan beberapa teknologi Indonesia tersebut terbilang cukup canggih. Kendati begitu, tidak semua masyarakat mengetahui teknologi apa saja yang dikembangkan anak bangsa. Berikut teknologi anak bangsa yang dirangkum Okezone, Selasa (18/8/2015).
Pindad
PT Pindad merupakan perusahaan industri, manufakatur ynag bergerak di bidang pembuatan produk militer dan komesial Indonesia. Senjata-senjata Pindad ini pun dibekali dengan teknologi canggih. Berikut beberapa senjata Pindad yang dibekali teknologi canggih.
Senapan Serbu SS1
Indonesia memiliki senapan canggih yang dibuat PT Pindad (Persero). Senapan canggih yang dilabeli SS2 ini menggunakan teknologi terbaru. SS2 ini merupakan suksesor SS1, di mana senapan serbu ini memiliki keunggulan dari segi alat bidik yang bisa diubah elevasinya. Tidak sampai disitu, material yang digunakan SS2 juga disebut lebih ringan dari SS1.
Panser Anoa
Panser Anoa ini merupakan salah satu kendaraan tempur Indonesia buatan PT Pindad. Panser Anoa ini memiliki beberapa jenis, mulai dari yang beroda empat, enam, hingga Panser Anoa beroda enam. Panser Anoa ini dibekali dengan teknologi canggih didalamnya untuk mendukung perang.
BPPT & LIPI
Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) bertugas untuk mengkaji dan penerapan teknologi agar terciptanya inovasi, serta menerapkan teknologi di bidang teknologi informasi, dan energi. Sementara Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) ini sesuai namanya membahas ilmu pengetahuan di berbagai bidang, mulai dari ilmu pengetahuan kebumian hingga ilmu pengetahuan sosial. Berikut ini beberapa teknologi kembangan kedua lembaga tersebut.
Teknologi Modifikasi Cuaca
Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) mempunyai alat yang dapat digunakan untuk menanggulangi banjir di Jabodetabek. Teknologi tersebut disebut Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC). TMC adalah serangkaian upaya manusia melakukan intervensi terhadap proses yang terjadi di dalam awan atau lingkungan sekitarnya.
Bus Listrik
Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia ( LIPI) berduet dengan Badan Penelitian dan Pengkajian teknik (BPPT) untuk menciptakan bus dan mobil listrik. Bus Listrik kembangan LIPI ini memiliki dua sistem charging di dalamnya yakni quick charge dan slow charge.

Postingan Populer